Pengertian zakat mal,syarat,dan waktu mengeluarkann zakat mal....


pengertian zakat mal,syarat dan waktu mengeluarjkan zakt mal.

    Pengertian zakat mal, syarat dan waktu mengeluarkan zakat mal. Masih banyak dari saudara kita yang masih bingun dengan cara membayarkan zakat mal atau melunasi zakat dari penghasilannya. kita semua tahu dari sebagian harta kita sejatinya ada sedikit hak  harta  yang dititipkan Allah Swt untuk sandara kita yang berhak menerima zakat, semisalnya saudara kita faqir, miskin dan lain lain , maka dari itu untuk kalian yang ingin mengetahui dari kejelasan dari  hukum zakat mal atau juga disebut zakat penghasilan ,kalian tepat sekali mengunjungi blog ini dikarenakan saya akan menjelaskan beberapa poin masalah zakat mal yang selama ini menjadi problematika di tengah masyarakat. 

Pengertian zakat mal.


    Apa zakat mal itu ? Zakat mal juga di sebut zakat penghasilan, Menurut bahasa Zakat artinya mensucikan, penuh berkah, dan mal artinya benda , sedangkan Menurut istilah zakat mal adalah suatu perbuatan yang  betujuan untuk mensucikan harta benda kita, yang mana di alokasikan kepada pihak yang berhak menerima zakat tersebut.

    Zakat mal meliputi apa saja ? ada banyak macam jenis zakat mal yang kita harus ketahui dan harus kita keluarkan meliputi :

Hukum  zakat mal.


    Hukum zakat mal adalah wajib bagi setia muslim. Dikarenakan sudah menjadi aturan di dalam agama islam dan dikuatkan oleh hadist hadist Nabi Muhammmad saw.

    Zakat mal berapa persen ? jawabannya adalah 2,5 % dari nominal barang yang akan dizakati. Zakat mal wajib dikeluarkan jika telah memenuhi syarat dan hanya akan dibayarkan atau di keluarkan setiap setahun sekali ( haul ) setelah memenuhi syarat dan ketentuan zakat mal tersebut. Tergantung yang akan dizakati berupa jenis apa.

Syarat zakat mal ( zakat dagangan )


  1. Berupa barang dagangan selain emas dan perak . Jika memperdagangkan  emas atau perak maka wajib zakat emas dan perak ( jika telah memenuhi syaratnya ), bukan zakat dagangan.
  2. Dimiliki dengan cara mu’amalah atau halnya tukar menukar. Maka tidak wajib zakat bila barang dimiliki dengan cara dibeli oleh oleh orang ain atau dengan mendapatkan warisan , kecuali jika menghendakinya untuk diperdagangkan dengan disertai niatnya.
  3. Ada niat dagang di saat tukar menukar barang pada waktu transaksi. ( waktu membeli ) atau masih di tempat transaksi. Dan setelah itu tidak perlu untuk memperbaharui niatnya.
  4. Telah melewati masa satu tahun  sejak niat tersebut ( haul ). Jika memberi barang dengan niat untuk disimpan dan dikemudian hari berniat untuk memperdagangkannya, maka haul dimulai sejak dijual belikan setelah niat tersebut.
  5. Tidak ada niat untuk dimiliki atau disimpan. Jika ada niat untuk menyimpan atau memilikinya maka wajib zakat.
  6. Nominal barang telah mencapai satu nishob di akhir tahun ( haul ) yang sebanding dengan  nishob emas dan perak.
  7. Barang dagangan tidak berbentuk atau perak di tengah tengah tahun.
  8. Tidak merubah niat berdagang dengan niat menyimpannya.


Waktu mengeluarkan zakat mal dan tata caranya


    Kapan kita mengeluarkan zakat mal tersebut ? jika barang tersebut berupa dagangan, harus sudah memenuhi kriteria di atas dari syarat zakat mal,  yakni sudah mencapai nisab haul dan lain lain.

    Bagaimana cara menghitung zakat mal ( dagangan ) tersebut ? Cara menghitungnya tinggal dijumlah dari barang dagangan tersebut terus diambil 2,5 % itulah zakat yang harus dibayarnya. Contoh : kita punya jumlah barang dagangan sejumlah Rp. 100.000 x 2,5% maka zakatnya sejumlah Rp. 2.500 


Fungsi dan manfaat zakat mal.


    Apa fungsi manfaat dari zakat mal bagi manusia ?
  1. Dapat mensucikan barang yang kita punya,
  2. Mendekatkan diri kepada Allah dikarenakan kita sudah menjalankan amanah dari-Nya.
  3. Terhindar dari sifat pelit, kikir, dan sombong.
  4. Membantu ekonomi dari seorang faqir miskin 
  5. Dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama.



Sumber :
  • kamus fiqih ( kajian ilmiah FKI Ahla shuffah 103 ) Lirboyo Press 
  • www.santridalail.my.id
  

1 Response to "Pengertian zakat mal,syarat,dan waktu mengeluarkann zakat mal.... "

  1. Kalau ada yang janggal atau salah dalam segi penulisan atau pemahaman harap untuk mengkritik dan memberi saran di kolom koment dibawah ini terimakasih.....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel